Bisnis Internet

Translate This Blog

Minggu, 03 Oktober 2010

Hidup dan Mati seorang Manusia dalam Bisnis

kalau orang yang liat judul posting tersebut pasti bilangnya, apaan nih?/ada2 aja....
ya walaupun gak semua orang akan bilang begitu.
sesuai dengan judul posting saya yang ini, saya ingin membagi pengalaman orang-orang yang telah saya temui di dunia bisnis, berikut pengalaman mereka:

       Katakan sajalah namanya Andi, dia dulu adalah seorang pegawai yang ada di perusahaan x, gajinya bisa dibilang pas-pasan dan terkadang ia mesti gali lubang tutup lubang buat membiayai kehidupannya, namun suatu hari bosnya stress dan mengeluh karena perusahannya terancam bangkrut, lalu setelah mendengar itu dia berpikir,  Ya ALLAH, bos saya aja yang orang kaya aja bingung, apalagi saya yang hanya pegawai di perusahaan swasta dengan gaji pas-pasan, mau makan apa saya kalau perusahaan ini tutup?
     Dia gak tahu mau berbuat apa, ini kali pertamanya dia akan di PHK, karena sebelumnya ia sebenarnya mendapat bantuan untuk bekerja di perusahaan x itu, dari saudaranya yang kebetulan dulu bekerja disitu namun sekarang sudah pindah karena mendapat tawaran yang lebih besar.
      Lalu dia berpikir untuk memulai usahanya sendiri, tapi dia malu untuk meminjam, itu sangat aneh baginya, padahal sebenarnya dia sudah biasa dalam hal mengutang.
dia perlu berhari-hari memikirkan hal tersebut setelah dia di PHK dari perusahaannya...
akhirnya dia sadar, bahwa selama ini, dia bukannya tidak bisa/tidak punya modal, melainkan dia malu akan dirinya sendiri, lalu saya sendiri berpikir "apa yang perlu dimaluin? mau berhasil kok malu?"
setelah itu, dia tahu ternyata selama ini bukan tak punya modal yang menjadi kendalannya melainkan rasa malu akan meminjam itu yang menjadi kendalanya, padahal dia udah biasa meminjam uang.
      Ternyata dia salah menafsirkan perasaannya tersebut, dia bukan malu tapi dia takut tak dapat mengembalikan uangnya, takut kalau gagal dan, takut menjadi bahan ejekan kalau tidak berhasil.
jadi sebenarnya dia itu takut, bukannya malu.
      Inilah yang terkadang agak sedikit aneh, bagi beberapa orang indonesia, saat mereka punya niat untuk berwiraswasta mereka yang tak punya modal sangatlah malu unutk meminjam yang sebenarnya takut, tapi itulah kita, maka tunggu apa lagi untuk menyingkirkan rasa takut itu dengan banyak cara, seperti:

  1. membaca buku tentang pengalaman orang-orang yang telah sukses
  2. menambah rasa percaya diri dengan mengikuti seminar-seminar yang akan menambah wawasan anda
  3. banyak bergaul dengan orang-orang sukses, pilihlah yang tidak sombong, karena orang sombong pasti akan jatuh juga.
  4. jadilah diri anda sendiri, karena terkadang anda mempunyai keunikan yang tak dimiliki orang lain, anda dapat menyadarinya seiring berjalannya waktu
  5. dan terakhir, ikut saja tips-tips terkini di blog ini...
Sekian dulu, nantikan saja lanjutannya, blog ini hampir di update tiap hari kok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar